Bukan Ibu Kandung

Bukan Ibu Kandung

BUKAN IBU TIRI KANDUNG

Jika qadarullah aku merawat dan membesarkan anak-anak yang bukan terlahir dari rahimku. Bukan berarti aku menjadi ibu tiri bagi mereka, dan hanya memedulikan mereka saat ada bapaknya saja.

Secara harfiah, tiri memang berarti bukan darah daging sendiri. Tapi bukan pula berarti tak bisa saling mengasihi, kan?

Lalu, apa makna di balik kata tiri yang disematkan oleh serumpun pandangan? Sementara orang tua kandung pun, kadang lalai akan hisabnya tersebut.

Membagi kasih, berbagi kisah, antara yang kandung dan bukan kandung sungguh tak ada bedanya.

Kami bercengkrama di ruang yang sama, sambil menikmati secangkir coklat panas berlima. Saling menyambung muroja’ah, atau melakukan apa saja.

Doktrin tak lagi mampu dijejalkan pada era kebebasan berpendapat seperti di zaman now. Kami melakukannya dengan kasih sayang, kasta yang levelnya lebih tinggi dari cinta.

Bukan hanya melalui darah yang mengalir di tubuhnya. Ini soal pemahaman, kenyamanan, kepercayaan, dan kebahagiaan. Ini perihal hati. Hati yang tak bisa dibeli.

Menjadi seorang istri dari laki-laki yang sudah menjadi bapak, atau menjadi suami dari seorang wanita yang sudah menjadi ibu dari bocah-bocah lucu, adalah satu ketetapan terbaik dari Allah. Bukanlah menjadi suatu hal yang harus dipermasalahkan.

Dalam kalangan selebritis pun, banyak contoh serupa. Bagaimana harmonisnya keluarga Anang Hermansyah dengan istri barunya, Ashanty. Perbedaan darah tak membatasi kasih sayang mereka.

Satu tips dariku untuk wanita-wanita di luar sana yang qadarullah merawat dan membesarkan amanah Allah, anak-anak yang terlahir dari pernikahan yang lain. Jangan pernah menganggap apalagi memperlakukan mereka sebagai anak tiri. Jika salah, tegurlah dengan cara yang baik. Jika benar, beri reward dengan cara yang bijaksana. Mereka adalah sama, mereka adalah anak-anak titipan Allah. Kebetulan sedang dipercayakan pada kita ibu tiri nya.

Engkau bukanlah ayah tiri kandung bagi anak-anakku.
Aku bukan pula ibu tiri kandung bagi anak-anakmu.
Tapi kita adalah ibu dan bapak mereka saat ini. Karena aku #IbukSendy bukan ibu tiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X