6 Penyebab Kegagalan Menjalani Hubungan Jarak Jauh

6 Penyebab Kegagalan Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Tidak semua orang hidup serumah dengan pasangannya. Sebagian harus menjalani hubungan jarak jauh, baik itu tinggal berbeda kota maupun negara. Tentu saja berjauhan dengan pasangan memiliki tantangan yang berbeda jika dibandingkan dengan tinggal seatap.

Hubungan jarak jauh atau dikenal dengan long distance relationship tak selamanya berjalan mulus. Ada beberapa hal yang menyebabkan kegagalan dalam menjalani hubungan semacam ini.
Keep scrolling untuk melihat apa saja penyebab kandasnya LDR.

1. Komunikasi yang Buruk

Salah satu kunci agar hubungan jarak jauh berjalan baik adalah menjaga komunikasi. Pastikan Anda menghubungi pasangan setiap hari. Beri tahu aktivitas Anda bersama anak-anak, tanyakan pula kesibukannya. Bila komunikasi Anda dan pasangan buruk, kemungkinan besar akan berdampak pada terganggunya LDR.

2. Kurang Kepercayaan

Kepercayaan merupakan pondasi langgeng atau tidaknya sebuah hubungan. Anda harus menyetel hati dan berusaha melenyapkan kecurigaan. Ingat kembali komitmen awal Anda serta pasangan dan sadari bahwa menjalani LDR sudah menjadi keputusan bersama. Dengan demikian, hubungan jarak jauh akan tetap berjalan lancar.

3. Kesibukan

Kesibukan kerja terkadang membuat pasangan lupa memberi update informasi tentang kegiatannya atau menanyakan kabar Anda serta buah hati. Jika sekali-dua kali, tidak masalah. Akan tetapi, bagaimana kalau kondisi ini terjadi berulang-ulang? Anda tentu akan mulai berpikiran aneh, merasa sepi, sendiri, dan tak diperhatikan lagi.

4. Pertengkaran

Hindari masalah pemicu pertengkaran. Perkelahian dalam LDR lebih rentan menghancurkan suatu hubungan. Di tempat yang baru, pasangan pasti bertemu teman-teman baru dan tak menutup kemungkinan akan berinteraksi dengan lawan jenis. Pemicu pertengkaran dalam LDR sangat beragam mulai dari rasa cemburu, kesepian, merasa dihindari, atau problem kecil seperti susah sinyal yang menghambat komunikasi.

5. Jarang Bertemu Pasangan

Intensitas bertemu yang kurang, membuat Anda dan pasangan serasa tinggal di dua dunia yang berbeda. Ketika pertemuan dengan pasangan tidak bisa dilakukan setiap hari, ada baiknya Anda mencari kesibukan seperti, berdagang, menulis, membuat kerajinan tangan,
dan sebagainya.

6. Negative Thinking

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa negative thinking sewaktu menjalani hubungan jarak jauh akan memberi celah pada masuknya kecurigaan. Guna menghindari hal tersebut, usahakan lebih sering mendengarkan kajian agama dan membaca aneka buku motivasi, sehingga tidak berpikir yang macam-macam.

Kegagalan dalam menjalani hubungan jarak jauh disebabkan oleh banyak faktor. Maka penting bagi Anda serta pasangan untuk mempertimbangan matang-matang sebelum memutuskan menjalani LDR. Kepercayaan serta komunikasi yang efektif dan efisien mutlak diperlukan dalam hubungan jarak jauh. Dengan demikian meski hidup terpisah, hubungan jarak jauh tidak akan meruntuhkan keharmonisan rumah tangga.

Sumber gambar: stock.adobe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X