Enam Bahan Makanan Sisa yang Bisa Diolah Kembali

Enam Bahan Makanan Sisa yang Bisa Diolah Kembali

Bahan makanan sisa rupanya tak hanya dapat dimanfaatkan untuk pupuk, melainkan juga diolah menjadi hidangan lezat atau bahan baru. Sayangnya, dengan alasan kepraktisan, sebagian orang lebih memilih membuang bahan makanan tersebut. Padahal ada beberapa yang masih bisa digunakan kembali, loh. Simak ulasannya berikut ini!

1. Pisang Matang

Pisang termasuk salah satu buah favorit. Warna daging kekuningan ditambah tekstur lembut, membuatnya banyak dipilih para ibu sebagai buah andalan MPASI. Ternyata tidak hanya itu. Buah yang satu ini juga dapat diolah menjadi aneka makanan enak, termasuk pisang yang terlampau matang. Pisang terlalu masak, teksturnya akan berubah menjadi lembek. Anda dapat berkreasi dengan mencampurkan pisang ke dalam adonan muffin, dibuat gorengan godok pisang, atau diolah menjadi es krim serta smoothies.

2. Ampas Kopi

Ampas kopi tanpa campuran susu maupun krim, bisa digunakan sebagai taburan tiramisu atau bahan membuat es kopi. Segar sekali disajikan kala cuaca panas! Selain itu, menaruh ampas kopi di kulkas mampu mengusir bau yang berasal dari bahan makanan lainnya.

3. Sisa Roti

Sering menemukan sisa roti di kulkas dan bingung mau diolah menjadi apa? Cobalah memanggangnya hingga agak kering. Roti kering adalah pendamping sup yang sempurna. Anda pun dapat menambahkan sisa roti ke dalam puding atau dijadikan stik roti. Cara membuat stik roti cukup mudah. Anda tinggal menyiapkan telur yang dikocok lepas, kemudian celupkan sisa roti yang dipotong memanjang kira-kira 10 cm ke dalam telur, gulingkan di tepung panir atau tepung roti, goreng sampai warna berubah keemasan. Terakhir sajikan dengan susu kental manis.

4. Tulang Ayam

Tulang ayam yang tampak tidak berguna, ternyata dapat dijadikan olahan yang mampu menambah citarasa masakan. Kumpulkan saja tulang ayam tersebut di dalam freezer. Bila sudah cukup banyak, Anda bisa merebusnya untuk diambil sarinya alias dijadikan kaldu.

5. Kulit Jeruk

Selesai makan jeruk, jangan lantas membuang kulitnya begitu saja. Yuk, coba kreasi manisan kulit jeruk yang segar! Membuat manisan ini sangat simpel, lo. Anda cukup memotong kulit jeruk seukuran korek api, cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus selama kurang lebih lima belas menit, sisihkan.

Langkah berikutnya, didihkan air yang sudah dicampur gula dengan perbandingan 3:1, masukkan kulit jeruk dan rebus sampai lunak (sekitar setengah jam), tiriskan. Terakhir adalah menggulingkan kulit jeruk ke gula pasir dan biarkan sampai kering di wadah terbuka. Manisan segar, siap disantap!

Kulit jeruk yang sudah kering atau dibekukan rupanya memiliki kegunaan lain. Tinggal tambahkan kulit tersebut dengan cuka serta air, maka Anda akan memperoleh pembersih rumah serbaguna.

6. Cangkang Telur

Cangkang telur kaya akan kalsium, sehingga membuat tanaman berkembang lebih baik. Menghaluskan cangkang telur sampai jadi bubuk, bisa menjadi tambahan dalam smoothies sehat Anda. Cangkang telur yang telah dicuci bersih pun dapat digunakan sebagai alat pembersih wadah makanan maupun minuman yang tidak terjangkau sikat.

Ternyata banyak sekali olahan yang bisa dibuat dari bahan makanan sisa. Berpikir out of the box dan jangan ragu mencoba kreasi baru. Yuk, kurangi membuang sisa makanan!

Sumber gambar: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X